Selasa, 03 Juli 2012

3 Tips Menjawab Pertanyaan, “Ceritakan Diri Anda.”

Dalam setiap wawancara kerja, selalu ada pertanyaan pembuka yang mengarahkan setiap kandidat untuk memperkenalkan diri kepada pewawancara. Dan, “ceritakan diri Anda.” tergolong pertanyaan umum tersebut. Meski terdengar ringan, butuh kesiapan dan strategi untuk menjawab pertanyaan ini. Apa saja kiat untuk menjawabnya? Simak 3 tips berikut ini.


Persiapkan diri
Untuk pertanyaan "ceritakan diri Anda.", bersiaplah untuk menyusun jawabannya dengan mengurut apa saja yang hendak disampaikan. Perlu diingat, batasi jawaban Anda dengan keterangan diri yang menyangkut dunia profesional, misalnya pendidikan Anda, pengalaman kerja, dan minat bekerja Anda sekarang.

Tidak panjang dan membosankan
Ingatlah selalu untuk mengungkapkan jawaban Anda secara singkat dan jelas. Dengan mempersiapkan diri, Anda akan terhindar dari ketidakfokusan menjawab pertanyaan yang menjadikannya lama dan membosankan bagi pewawancara. Hindari penjelasan tentang topik pribadi yang tidak berhubungan dengan dunia profesional dan profesi Anda.

Kemukakan nilai jual pribadi
Jawaban Anda akan semakin unik dan bernilai lebih di mata pewawancara bila Anda juga mengemukakan keunggulan pribadi yang tidak dimiliki orang lain dan berpeluang menguntungkan perusahaan. Misalnya, katakan Anda seorang yang tak hanya mampu bekerja sama dalam tim, namun juga pekerja keras dan disiplin. Jangan lupa untuk membuktikan poin-poin keunggulan tersebut setelah mulai bekerja.

(mps)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Hallo sob, mohon dukungannya ya untuk kontes Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 dan juga Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1, Terima Kasih.