Senin, 18 Juni 2012

4 Prinsip Busana Wawancara Kerja

Meski telah berkali-kali menjalani, Anda masih bingung juga setiap kali memilih pakaian untuk sebuah wawancara kerja (interview). Berikut 4 hal penting yang perlu diingat dalam memilih pakaian yang tepat untuk wawancara kerja.
Pilih yang Nyaman
Meski wajib berbusana formal, tak berarti Anda harus meminjam pakaian milik teman. Pakailah busana yang cukup formal namun juga nyaman bagi tubuh Anda. Pakaian yang tak nyaman justru akan mengganggu Anda. Dan, dalam tahap buruk, bisa terlihat dari sikap Anda di depan pewawancara.
Sesuai Industri dan Budaya Perusahaan
Buka website perusahaan dan cari tahu seperti apa pakaian kerja yang dikenakan di sana. Ini bisa dilihat dari foto yang ditampilkan. Bila tidak ada, sesuaikan pakaian dengan industri kerja. Pekerjaan dalam industri kreatif umumnya tidak menuntut busana dengan jas dan celana/rok formal. Sedangkan, pada industri kerja yang lebih serius, busana formal adalah kewajiban yang sebaiknya Anda ikuti.
Tidak Berlebihan
Berbusana rapi memang penting. Namun, perhatikan agar tidak tampak berlebihan dan mengganggu konsentrasi pewawancara. Rok yang terlalu mini, motif pakaian yang terlalu mencolok, atau parfum yang terlalu menyengat adalah contoh-contoh penampilan yang dapat mengganggu pewawancara.
Detil Busana yang Baik
Baju yang rapi namun bernoda kopi tentu tetap tak sedap dilihat. Begitupun dengan sepatu baru namun lupa Anda bersihkan sehingga menyisakan banyak kotoran. Karena itulah, perhatikan kembali semua detil pakaian wawancara kerja Anda agar baik dan rapi, namun tetap nyaman dan tak berlebihan.
(mps)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Hallo sob, mohon dukungannya ya untuk kontes Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 dan juga Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1, Terima Kasih.