Rabu, 28 Maret 2012

Langkah Sebelum Berkarir di Kota Lain

Untuk sebagian orang, berkarir di kota yang jauh dari tempat tinggalnya adalah hal yang lumrah. Demi mengejar karir impian, posisi yang lebih baik, dan mewujudkan harapan-harapan, berkarir di kota lain terkadang menjadi sebuah keharusan, terlebih bila di kota tersebut terdapat lebih banyak pilihan pekerjaan yang menarik. Berikut langkah cerdas bagi Anda yang memutuskan bekerja di luar kota.
Pelajari kota tujuan
Tak bijak bila Anda berniat pindah ke suatu kota tanpa mengetahui informasi mengenai kota tersebut. Ketahui budaya dan suasana kota itu beserta biaya hidupnya. Dengan pengetahuan yang cukup, Anda tak akan terlalu kesulitan beradaptasi dengan suasana dan budaya kota yang ada, serta dapat dengan cermat memperkirakan biaya hidup sehingga tak akan kekurangan.
Mendatangi kota tujuan
Setelah informasi sudah cukup didapatkan, datangilah kota tersebut setidaknya 2 kali sebelum benar-benar mulai bekerja, yaitu ketika mulai melamar pekerjaan dan ketika menghadiri panggilan interview. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui langsung perjalanan dari kota Anda ke kota tujuan, mengetahui tempat tinggal sementara (kos/kontrak), transportasi, dan berbagai hal penting yang patut diketahui di kota itu.
Atur jadwal wawancara kerja dengan efisien
Agar berlangsung efisien alias tak banyak membuang waktu, tenaga, dan biaya transportasi, atur jadwal wawancara kerja pada hari-hari yang tak berjauhan. Sehingga, ketika mendatangi kota itu, Anda bisa langsung menjalani beberapa interview sekaligus. Jelaskan pada perusahaan yang memanggil, bahwa Anda tinggal di kota yang berbeda sehingga mereka dapat memahami kondisi Anda.
Manfaatkan kemudahan situs karir
Situs karir, secara jelas menampilkan lokasi kerja lowongan-lowongan yang ditawarkannya. Maka, pilihlah lokasi kerja di kota pilihan Anda. Bila telah memiliki tempat kerja incaran, cari tahu apakah perusahaan impian Anda memiliki cabang di kota tujuan Anda, dan segera lakukan lamaran saat lowongan di tempat itu dibuka.
(mps)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Hallo sob, mohon dukungannya ya untuk kontes Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 dan juga Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1, Terima Kasih.