Kamis, 15 Maret 2012

3 Bahaya Menggunakan Sepatu Berhak Tinggi

Sepatu berhak tinggi (high heels) memang salah satu kelengkapan fashion yang tak boleh dilupakan oleh para wanita yang tak pernah ingin ketinggalan gaya, termasuk para wanita karir. Namun, high heels juga memiliki efek samping yang menyakitkan kaki dan berbagai sendi. Pertimbangkan ketiga bahaya berikut ini sebelum Anda memutuskan menambah koleksi sepatu untuk ke tempat kerja dengan high heels model terkini.

Nyeri akut dan patah pergelangan kaki
High heels sejenis stilleto, misalnya, memiliki tinggi hak lebih dari 10 sentimeter dan membuat pergelangan kaki tegang dan nyeri. Akibat terburuk menggunakan sepatu jenis ini adalah patah tulang sekitar pergelangan kaki karena hak yang terlalu tinggi dan berjalan di permukaan yang tidak rata. Padahal, penanganan patah tulang ini kadang memerlukan operasi dan sering kali membutuhkan masa penyembuhan yang lama.

Nyeri lutut
Karena high heels menyebabkan langkah pemakainya memendek, area di sekitar lutut menjadi lebih tegang dan membuatnya nyeri. Bahkan, sebagian peneliti telah meng-klaim bahwa high heels adalah salah satu penyebab osteoarthritis, sebuah penyakit di sekitar sendi yang ditandai oleh rasa nyeri dan keram.

Perubahan Postur
Sepatu berhak tinggi pun ternyata dapat menyebabkan perubahan pada postur tubuh Anda, yaitu area sekitar dada dan pinggul yang lebih menonjol secara tak proporsional. Akibat lain adalah bertambahnya kelengkungan tulang belakang, yang mengakibatkan nyeri yang luar biasa pada area tersebut. Nyeri ini bahkan dapat menyebabkan arthritis alias radang sendi.

Jadi, pilihan atas dipakai atau tidaknya sepatu berhak tinggi kembali pada diri Anda sendiri, apakah mementingkan gaya dan kepuasan hati atau kesehatan pribadi.

(mps)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Hallo sob, mohon dukungannya ya untuk kontes Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 dan juga Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1, Terima Kasih.