Rabu, 07 Maret 2012

4 Alasan Penting Mengelola Akun Jejaring Sosial

Di masa kini, memiliki akun di berbagai jejaring sosial (social network) sudah menjadi hal jamak. Tujuan mengelola jejaring sosial pun menjadi lebih beragam, tak hanya sebagai ajang eksistensi namun juga untuk berbisnis dan berkarir. Simak beberapa alasan penting memelihara akun jejaring sosial Anda secara profesional untuk karir dan bisnis.
  1. Dilihat oleh siapa saja, di mana saja.
Kecuali privasi akun diatur agar profil hanya bisa dilihat oleh diri sendiri, akan selalu ada kemungkinan profil Anda di jejaring sosial (seperti Facebook, misalnya) dilihat oleh profesional yang di masa depan menjadi rekan kerja bahkan pimpinan Anda. Maka, pilihlah foto yang baik untuk profil, dan jangan menggunakan fasilitas status untuk bercerita tentang keburukan tempat kerja, karena kemungkinan bisa dibaca oleh siapa saja.
  1. Media menemukan karir.
Banyaknya orang yang bisa Anda temui di jejaring sosial memudahkan upaya menemukan karir, bila akun dikelola dengan baik. Tuliskan dengan benar minat Anda pada kolom minat atau deskripsi diri, temukan orang-orang yang memiliki kegemaran sama, jalin komunikasi berkelanjutan dengan mereka karena informasi lowongan yang Anda butuhkan bisa didapatkan dari orang-orang tersebut.
  1. Media mengembangkan bisnis.
Memiliki bisnis yang sedang berkembang juga membutuhkan promosi dari media sosial. Dan, jejaring sosial yang paling umum digunakan adalah Facebook. Bila tak mau repot membuat akun baru, hindari informasi yang bersifat terlalu personal untuk akun yang Anda fungsikan sebagai media promosi bisnis, atau konsumen akan enggan mengetahui lebih lanjut produk atau jasa yang Anda tawarkan.
  1. Dipertimbangkan dalam perekrutan.
Percaya atau tidak, banyak perusahaan di luar negeri yang telah mempertimbangkan profil Facebook sebagai uji layak atau tidaknya seseorang diterima menempati posisi tertentu. Pihak perusahaan akan mencari tahu sendiri dengan mengetik nama Anda di kolom pencarian, atau menanyakan langsung ID akun Anda untuk Facebook dalam interview. Nah, bila hal ini terjadi pada Anda, tak ada hal lain yang lebih efektif dari mengelola akun Anda sebaik mungkin, kan? Jangan sampai Anda gagal meraih karir hanya karena kecerobohan mengelola akun jejaring sosial.

Tags: lowongan, lowongan kerja, jobs, career, lowongan IT,karir
(mps)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Hallo sob, mohon dukungannya ya untuk kontes Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 dan juga Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1, Terima Kasih.