Senin, 16 April 2012

4 Langkah Menghadapi Rekan Yang Kritis

Di mana pun berada, orang-orang kritis selalu bisa Anda temui. Merekalah tipe orang yang, apapun tujuannya, berusaha meneliti setiap hal sehingga menghasilkan komentar atau kritisi yang terkadang sulit Anda terima. Daripada terus memendam kekesalan pada tipe orang seperti ini, simak beberapa langkah sederhana menghadapi rekan kritis.
  1. Jangan diambil hati
    Orang kritis seringkali melontarkan pendapatnya bukan untuk menjatuhkan Anda, namun karena mereka berusaha menempatkan sudut pandang pribadi terhadap Anda dalam melihat suatu situasi. Namun, cara mereka meyakinkan pendapat merekalah yang benar yang kemudian mengesalkan. Maka, usahakan tidak mudah sakit hati menanggapi kritikan dari si kritis.

  2. Memahami maksud dalam kritik
    Menanggapi kritik dari si kritis secara negatif hanya akan membuang-buang energi Anda. Sebaliknya, cobalah untuk memahami isi kritik yang ia lontarkan. Fokuslah pada apa pesan yang ia coba katakan, dan bukan kepada bagaimana caranya mengungkapkan. Pesan baik dalam kritik orang tersebut tak akan didapatkan bila Anda terus bergelut dalam kekesalan.

  3. Terima sebagai bentuk kejujuran
    Ada sebagian orang yang mampu mengungkapkan ketidaksetujuan atau ketidaksukaannya secara langsung, dan sebagian yang lain tidak. Anggaplah pendapat si kritis ini sebagai komentar jujur yang belum tentu Anda dapatkan dari sembarang orang, terutama dari orang yang memilih berkata baik namun penuh kepalsuan.

  4. Jangan meminta pendapat
    Saat bercerita tentang suatu peristiwa yang dialami, terkadang Anda memberi celah bagi orang lain untuk berpendapat. Bila tak sanggup mendengarkan kritik pedas, hindari membuka pembicaraan dengan si kritis tentang topik yang memberi mereka celah untuk berkomentar meski tidak diminta.

    (mps)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Hallo sob, mohon dukungannya ya untuk kontes Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 dan juga Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1, Terima Kasih.