Selasa, 26 Juli 2011

Kenali Gejala Herpes Zoster

Produk Kesehatan - Beberapa orang yang terkena cacar air pada saat anak-anak dapat menimbulkan penyakit herpes zoster di kemudian hari. Herpes zoster (herpes zoster) disebabkan oleh reaktivasi dari virus cacar air di dalam tubuh. Virus ini biasanya mempengaruhi salah satu saraf besar yang menyebar keluar dari tulang belakang, menyebabkan rasa sakit dan ruam dalam sebuah koloni di sekitar dada, perut, atau wajah.

Gejala herpes zoster berkembang dalam beberapa tahapan. Pertama, akan ada rasa kesemutan, kemudia rasa terbakar pada kulit, nyeri, atau nyeri yang sangat menusuk pada syaraf yang terpengaruh. Jika virus tersebut mempengaruhi saraf di dinding dada, nyeri dapat meniru seperti sebuah serangan jantung.

Ruam, yang berkembang menjadi lepuhan, akan muncul 2-3 hari setelah rasa sakit dimulai. Lepuhan akan mengering dalam beberapa hari dan akan berhenti dalam dua sampai tiga minggu.

Sekitar setengah dari orang di atas 60 tahun yang menderita herpes zoster mengalami rasa sakit yang berkelanjutan/lama (pasca-herpes neuralgia) pada saraf yang terkena selama berbulan-bulan atau bahkan tahunan.

Belum ada penjelasan apa yang menyebabkan virus cacar air menjadi aktif kembali. Herpes zoster akan lebih mungkin untuk berkembang ketika obat atau penyakit telah melemahkan sistem kekebalan seseorang.

Bagaimana cara mencegah Herpes Zoster
Untuk mencegah herper zoster, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah pemberian vaksinasi. Vaksin berfungsi untuk meningkatkan respon spesifik limfosit sitotoksik terhadap virus tersebut pada pasien seropositif usia lanjut. Vaksin herpes zoster dapat berupa virus herpes zoster yang telah dilemahkan atau komponen selular virus tersebut yang berperan sebagai antigen. Penggunaan virus yang telah dilemahkan telah terbukti dapat mencegah atau mengurangi risiko terkena penyakit tersebut pada pasien yang rentan, yaitu orang lanjut usia dan penderita imunokompeten, serta imunosupresi.

Pengobatan untuk Herpes Zoster di rumah

1. Jaga lepuhan agar tetap bersih dan kering untuk mencegah infeksi.
2. Kurangi rasa sakit dengan cara memberi kain kapas pada area terinveksi agar terhindar dari gesekan dengan pakaian.
3. Anda dapat menggunakan lotion kalamin untuk menenangkan dan mendinginkan jaringan yang meradang.
4. Jika lepuhan terinfeksi, bersihkan dengan hidrogen peroksida
5. Gunakan aspirin atau asetaminofen untuk mengontrol nyeri yang ringan.
6. Hindari kontak dengan anak-anak, wanita hamil, dan orang dewasa yang belum pernah terkena cacar air sampai lepuhan telah benar-benar kering.


Dapatkan info lain mengenai klinik Kesehatan di http://klasika.karir.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Hallo sob, mohon dukungannya ya untuk kontes Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 dan juga Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1, Terima Kasih.